Rabu, 22 Februari 2012

batang kuesioner_laporan media


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan YME, dengan izin-Nya kami bisa menyelesaikan laporan ini, sebagai tugas mata kuliah Media Pembelajaran Matematika.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada:
1.     dosen mata kuliah Media Pembelajaran Matematika Bapak Suherman dan Ibu Mirna
2.    teman-teman yang selalu membantu dan mendukung selama penulis menyelesaikan media dan laporan ini
3.    serta segenap pihak yang telah membantu dan mendukung pembuatan media dan penyusunan laporan ini.

Semoga media ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kami sendiri sebagai calon guru matematika. Kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan untuk perbaikan dimasa mendatang.

Padang, Juni 2011

Tim Penulis


Tugas III
Batang Cuisioner


A.  Pendahuluan
Operasi bilangan sangat diperlukan sekali dalam memahami konsep matematika, baik operasi bilangan bulat maupun pecahan. Dalam operasi bilangan pecahan caranya berbeda-beda. Dalam operasi penjumlahan dan pengurangan kita ketahui bahwa penyebutnya harus disamakan terlebih dahulu barulah dijumlahkan atau dikurangkan pembilangnya. Sedangkan penyebutnya tidak di operasikan. Dalam pembagian, kita ketahui bahwa penyebutnya dibalik. Namun bagaimana cara pengoperasiannya yang benar belum diketahui. Berikut ini akan dijelaskan melalui media matematika.
Karena pada saat sekarang ini, siswa masih sangat kesulitan dalam operasi memahami konsep operasi hitung dengan menggunakan operasi pecahan. Oleh karena itu, penyaji mencoba untuk membuat media batang cuisioner ini, untuk memudahkan siswa nantinta memahami konsep hitung pada operasi bilangan pecahan. Dengan menggunakan media batang cuisioner ini penyaji nantinya mengharapkan agar siswa akan lebih tertarik dengan digunakan media ini dan nantinya siswa juga akan jauh lebih memahami konsep-konsep hitung pecahan ini.


B. Tujuan
       Adapun tujuan dari media ini adalah agar siswa nantinya lebih mudah dalam memahami tentang konsep matematika khususnya operasi bilangan terutama bilangan pecahan.
C.  Manfaat
Adapun manfaat alat peraga batang cuisioner ini adalah agar dapat bermanfaat terutama bagi penulis sendiri sebagai calon guru matematika dan bagi guru lain untuk dapat membuat media yang menarik agar nantinya  siswa jauh lebih tertarik dan lebih minat dalam belajar terutama pada konsep memahami operasi hitung pada bilangan pecahan.
D. Alat dan Bahan
·         Gunting / cuter untuk memotong
·         Alat-alat tulis seperti pensil,  karet penghapus,  rol / penggaris, dan spidol
·         Karton jerami
·         Kertas warna-warni
·         Lem
E. Cara Pembuatan
a.       Dibuat persegi panjang sebanyak 10 macam dengan ukuran yang berbeda-beda dengan ukuran :
1)    30 x 3 cm sebanyak 2 buah
2)   27 x 3 cm sebanyak 3 buah
3)   24 x 3 cm sebanyak 5 buah
4)   21 x 3 cm sebanyak 6 buah
5)   18 x 3 cm sebanyak 8 buah
6)   15 x 3 cm sebanyak 9 buah
7)   12 x 3 cm sebanyak 7 buah
8)    9 x 3 cm sebanyak 12 buah
9)   6 x 3 cm sebanyak 15 buah
10) 3 x 3 cm sebanyak 20 buah
b.      Kemudian dipotong dengan menggunakan pisau
c.       Setiap ukuran dilapisi dengan kertas warna yang berbeda-beda dengan rincian sebagai berikut:
1)    Ukuran 30 x 3                        (orange)
2)   Ukuran 27 x 3                        (biru)
3)   Ukuran 24 x 3                        (cokelat tua)
4)   Ukuran 21 x 3             (hitam)
5)   Ukuran 18 x 3             (hijau tua)
6)   Ukuran 15 x 3             (kuning)
7)   Ukuran 12 x 3             (ungu)
8)   Ukuran 9 x 3               (hijau muda)
9)   Ukuran 6 x 3               (merah)
10) Ukuran 3 x 3               (putih)


F. Contoh Penggunaan
1.  Memperkenalkan pecah
pembilang                              
                                      
Text Box:                                                                      penyebut

 

                                              

                                            

 

 
 



 
                                                       

 


 
                                                         


Dan seterusnya.
           
2.  Kesamaan pecahan
Misalnya:  = ...
Kita bentuk pecahan setengah dari batang-batang yang kita punya.
Misalnya kita ambil batang merah, berarti kita letakkan 1 batang merah diatas sebagai pembilangnya dan 2 batang merah di bawah sebagai penyebutnya. Karena 1 batang merah sama dengan 2 buah batang putih, maka kita dapat mengganti batang merah tersebut.

 


                                                                   
  
                                                                               
Jadi,         =




3.  Penjumlahan Pecahan
Misalnya :   = ...
Langkah – langkah yang harus dilakukan:
a.    Bentuk batang-batang yang ada sehingga nilainya sama dengan . Misalnya kita ambil 1 batang putih sebagai pembilang dan 1 batang merah sebagai penyebut. Dan bentuk pula pecahan .
 




b.    Karena batang yang menjadi penyebutnya berbeda, maka kita tidak bisa langsung menjumlahkannya, kita harus mengganti batang yang menjadi penyebut tersebut dengan batang yang lain sehingga panjang batang tersebut sama dengan panjang berapa buah batang merah dan hijau.
6
 
 





c.    Karena batang marah dan batang hijau muda tersebut telah diganti dengan batang hijau tua maka diperoleh hasil sebagai berikut.
Text Box:
 




                                                        

 

 
 


d.    Text Box:  Text Box:  Text Box:  Text Box:  Text Box:  Dan hasilnya adalah
                                                                                                                

 
                                                                                   
Jadi,      +  =

4.  Pengurangan Pecahan
Misalnya :   -  = ...
Langkah- langkah yang harus dilakukan:
a.    Bentuk batang-batang yang ada sehingga nilainya sama dengan  .
 

                                                  
 


Karena penyebutnya sudah sama, kita dapat langsung menguranginya(mengurang sama dengan mengambil). Jadi diperoleh hasil sebagai berikut                                   
Di ambil 1
 
Text Box:  Text Box:  Text Box:  Text Box:                                       
 



Maka hasilnya
Text Box:  Text Box:  Text Box:                                       
Text Box:  Text Box:  Text Box:  Text Box:  Text Box:  Text Box:                                                            


                    Atau

 
 


 
                                                        

Jadi,      +  =  =  

Misalnya:  -  = …
Langkah-langkah yang harus dilakukan:
a.    Bentuk batang-batang yang ada sehingga nilainya sama dengan   dan .
Text Box:  Text Box:
 


 
                                     


Karena warna batang pada bagian penyebutnya belum sama, maka kita harus menyamakan dahulu warna yang ada pada penyebut, dengan langkah-langkah sebagai berikut.
8
 
 





Karena batang merah dan batang kuning sudah kita ganti dengan batang orange, maka diperoleh hasil sebagai berikut:
Text Box:

 

 
 







Karena operasinya pengurangan (pengurangan berarti mengambil), maka
Text Box:  Text Box:  Text Box:  Text Box:  Text Box:                                                            Diambil 2


 
 


               
               Maka hasilnya:
 


 
                                                                      

Jadi,      +  =  

G. Kelebihan dan Kekurangan
1.     Kelebihan
a.    Siswa mampu menyelesaikan perhitungan dengan menggunakan bilangan pecahan dan siswa bisa mendapatkan konsep yang mudah dipahami oleh mereka.
b.    Meningkatkan minat dan motivasi siswa
c.    Mengefektifkan komunikasi
d.    Menanamkan konsep dalam belajar matematika
2.    Kekurangan
a.    Siswa pintar akan mengalami kebosanan karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyusun batang cuisioner
b.    Penggunaannya membutuhkan pemahaman yang mendalam.
H. Kendala
Pada pembuatan alat peraga ini tidak ada kendala yang berarti yang ditemui, karena pembuatannya sederhana dan mudah untuk digunakan dan dioperasikan, hanya saja dalam pembuatanya perlu ketelitian dan kesabaran dan kadangkala memotong kertas jerami sulit.
I. Kesimpulan
Dengan adanya media batang cuisioner ini dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep operasi hitung dengan bilangan pecahan dan mengetahui cara-cara operasi dengan lebih cepat berdasarkan konsep yang sudah ada.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar