RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
)
Nama
Sekolah : SMA Negeri XX Padang
Kelas/ Program : X/ Umum
Semester : Ganjil
Mata Pelajaran : Matematika
Jumlah Pertemuan : 1 kali pertemuan
Tahun Ajaran : 2012/ 2013
A. Standar Kompetensi
1.
Menggunakan logika
matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan
pernyataan berkuantor
B. Kompetensi Dasar
1.1
Memahami pernyataan dalam
matematika dan ingkaran atau negasinya.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Membedakan pernyataan dan kalimat
terbuka (C 2)
1.1.2
Mengemukakan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka (C
2)
1.1.3
Menyimpulkan nilai kebenaran suatu
pernyataan (C 2)
1.1.4
Menyatakan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan (C
1)
1.1.5
Menyimpulkan nilai kebenaran dari
ingkaran suatu pernyataan (C 2)
1.1.6
Menyatakan himpunan penyelesaian dari
kalimat terbuka (C 1)
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Membedakan
pernyataan dan kalimat terbuka
2. Mengemukakan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka
3. Menyimpulkan
nilai kebenaran suatu pernyataan
4. Menyatakan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan
5. Menyimpulkan
nilai kebenaran dari ingkaran suatu pernyataan
6. Menyatakan
himpunan penyelesaian dari kalimat terbuka
Catatan (bersifat
opsional)
Kemampuan
prasyarat yang seharusnya sudah dikuasai siswa sebelum belajar kompetensi dasar
ini adalah:
·
Siswa sudah mampu menentukan himpunan
penyelesaian dari kalimat matematika
E. Materi Ajar
Pernyataan, Nilai kebenaran, dan Kalimat terbuka
·
Pernyataan
·
Lambang
dan nilai kebenaran suatu pernyataan
· Kalimat terbuka dan
penyelesaiannya
· Ingkaran atau negasi suatu
pernyataan
F. Alokasi Waktu : 2 x 45
G. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan.
H. Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan awal
·
Berdoa
bersama sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. (nilai yang ditanamkan: Religius)
·
Mengecek
kehadiran siswa. (nilai yang ditanamkan: Tanggungjawab,
Jujur, Disiplin)
·
Apersepsi : Sebelum memulai pembelajaran tentang materi pada pertemuan
ini, guru meminta beberapa siswa untuk mereview kembali materi pada pertemuan
sebelumnya kemudian guru menyampaikan cakupan materi pada pertemuan ini sesuai
rencana sebelumnya.
·
Motivasi :
Pengambilan keputusan oleh seorang hakim dalam mengadili seorang terdakwa merupakan
contoh sederhana penerapan Logika Matematika. Tentu saja sebelum mengambil
keputusan, seorang hakim perlu didukung bukti-bukti yang menguatkan (salah satu contoh kegunaan logika)
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
a.
Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi mengenai Pernyataan, lambang
dan nilai kebenaran suatu pernyataan, kalimat terbuka dan penyelesaiannya, ingkaran
atau negasi suatu pernyataan, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut. (nilai yang ditanamkan: Rasa
ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis);
Misalnya : (berikan sedikit materinya)
b.
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai materi yang
telah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Rasa
ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratis.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
a.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa
ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Tanggungjawab, Demokratis.);
b.
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras, Tanggungjawab, Demokratis.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang sudah diketahui (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin );
b.
Menanyakan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
3. Kegiatan Akhir
a.
Peserta
didik membuat rangkuman dari materi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Tanggungjawab, Disiplin.);
b.
Peserta
didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Demokratis.)
c.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya agar siswa dapat
terlebih dahulu memahaminya di rumah (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,
Tanggungjawab, Disiplin.);
d.
Berdoa
bersama setelah kegiatan belajar mengajar selesai. (nilai yang ditanamkan: Religius)
I.
Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Kepribadian
|
pengamatan
|
pertemuan ke-1
|
Hasil penilaian 1, 2, dan 4
akan dijadikan nilai afektif bagi siswa.
|
2.
|
Keaktifan
|
Pengamatan
|
Pertemuan ke-1
|
|
3.
|
Pemahaman
Konsep
|
Tugas kelompok, latihan dan PR
|
Pertemuan ke-1
|
|
4.
|
Penalaran
dan
komunikasi
|
pengamatan
|
Pertemuan ke-1
|
J.
Sumber Belajar
1.
Buku Paket Matematika kelas XI karangan Drs. Sartono Wirodikromo
2.
Buku Paket Matematika kelas XI karangan A. Dadi Permana
3.
Bahan ajar
4.
Bahan pekerjaan rumah dan latihan.
Lampiran
RPP
1.
Bahan Apersepsi
Materi
untuk mengecek kemampuan prasyarat
Sebelum
mempelajari konsep logika, kerjakanlah soal-soal berikut dalam buku latihanmu !
a. Tentukanlah himpunan penyelesaian dari kalimat berikut :
i. 2x – 6 = 0, x bilangan real
ii. 3x – 5 > 7, x bilangan bulat
LEMBAR LATIHAN
Nama:………………………......
No Presensi: ……….....…. Kelas: ….....…………
Petunjuk
:
- Kerjakan sendiri soal-soal berikut ini
pada lembar kertas ini juga sesuai kemampuan. Setelah selesai, bawalah
pekerjaan ke dalam kelompok belajar untuk diperiksa dan diberi saran atau
masukan.
- Bertanyalah pada guru atau teman bila
mengalami kesulitan.
1. Di antara kalimat-kalimat berikut ini, manakah yang merupakan pernyataan ?
jika pernyataan, tentukan benar atau salah
·
101 adalah bilangan prima.
·
4 – 6 = 7 – 5
·
Nilai mutlak tiap bilangan real
bernilai positif atau nol.
·
3x ≤ -3
·
Jakarta adalah ibu kota negara
Indonesia
·
4x + 10 = 25
·
Dua buah garis sejajar akan berpotongan
di sebuah titik
·
Lawan dari bilangan prima disebut bilangan
komposit
·
X adalah faktor dari 20
·
Buktikan bahwa
adalah bilangan rasional

Jawab :
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
2. Tentukan ingkaran dari setiap
pernyataan berikut dan tentukanlah juga nilai kebenaran dari setiap ingkaran tersebut
1) 19 adalah bilangan prima
2) ½ adalah bilangan bulat
3) Salah bahwa 1 – 4 = -3
4) 4 adalah faktor dari 60
5) 100 habis dibagi 2
6) Semua burung berbulu hitam
7) Semua bilangan asli adalah bilangan cacah
8) Ada bilangan bulat yang bukan bilangan cacah
Jawab
:
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
3.
Tentukan himpunan penyelesaian dari kalimat terbuka berikut :
1) x2 – 4x – 21 – 0
2) x3 – 6x2 + 5x +
12 = 0
Jawab
:
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar