MENGANALISA
SOAL TES
Langkah-langkah
dalam menganalisa soal tes adalah
sebagai berikut :
a)
Daya
Pembeda
Daya pembeda soal
adalah kemampuan soal untuk membedakan antara siswa yang pandai dengan yang
kurang pandai, Untuk menentukan daya pembeda, data perlu diurutkan dari yang
tinggi ke yang rendah, 27% dari peserta tes yang mendapat nilai tertinggi
disebut kelompok atas dan 27% dari peserta tes yang mendapat nilai terendah
disebut kelompok bawah, Kemudian dicari derajat kebebasan dengan rumus yang
dikemukakan oleh Pratiknyo Prawironegoro (1985: 12), yaitu :
df = (nt
– 1) + (nr – 1), dengan nt = nr = 27% x N = n
untuk menentukan daya
pembeda soal digunakan rumus berikut :
Ip
= 

Keterangan :
Ip : Daya pembeda soal
Mt : Rata-rata skor kelompok atas
Mr : Rata-rata skor kelompok rendah
Suatu soal mempunyai
daya pembeda yang berarti jika Ip hitung ≥ Ip tabel pada
derajat bebas yang sudah ditentukan,
b)
Indeks
Kesukaran
Tingkat
kesukaran dilakukan untuk mengetahui apakah soal tersebut termasuk dalam
kategori mudah, sedang atau susah, Menurut Pratiknyo Prawironegoro (1985: 14)
untuk menentukan tingkat kesukaran soal bentuk uraian digunakan rumus :
Ik
= 

Keterangan
:
Ik : Tingkat kesukaran soal
Dt : Jumlah skor dari kelompok tinggi
Dr : Jumlah skor dari kelompok rendah
m : Skor setiap soal jika benar
n : 27% dari jumlah peserta tes (N)
Klasifikasi
tingkat kesukaran soal adalah sebagai berikut :
a. Ik <
27%, soal dikatakan sukar
b. 27%
≤ Ik ≤ 73%, soal dikatakan
sedang
c. Ik >
73%, soal dikatakan mudah
c)
Kriteria
Penerimaan Soal
Untuk
menentukan apakah soal diterima atau tidak, digunakan kriteria yang dikemukakan
oleh Pratiknyo Prowironegoro (1985: 16), yaitu :
·
Item dipakai jika Ip
signifikan dan 0 < Ik < 100%
·
Item diperbaiki jika :
a. Ip
signifikan dan Ik = 0% atau Ik = 100%
b. Ip
tidak signifikan dan 0% < Ik < 100%
·
Item diganti jika Ip tidak
signifikan dan Ik = 0% atau Ik = 100%
d)
Reliabilitas
Tes
Reliabilitas
tes adalah suatu ukuran apakah tes tersebut dapat dipercaya, Untuk menentukan
reliabilitas digunakan rumus Alpha yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto
(2001: 109), yaitu :
r11
=


Keterangan
:
R11 :
Indeks reliabilitas
n :
Banyak soal


Kriteria yang digunakan untuk
menentukan reliabilitas tes adalah :
·
Jika 0,80 < r11 < 1,00 maka reliabilitas dikatakan
sangat tinggi
·
Jika 0,60 < r11 < 0,80 maka reliabilitas dikatakan
tinggi
·
Jika 0,40 < r11 < 0,60 maka reliabilitas dikatakan
sedang
·
Jika 0,20 < r11 < 0,40 maka reliabilitas dikatakan
rendah
·
Jika 0,00 < r11 < 0,20 maka reliabilitas dikatakan
sangat rendah
PERHITUNGAN DAYA PEMBEDA SOAL UJI
COBA
n = 27% x N
= 27% x 40 = 10,8 ≈ 11
df = (nt
– 1) + (nr-1) = (11 – 1) + (11 – 1) = 20
Pada df = 20 dengan α = 0,05 diperoleh Ip
tabel = 2,09,
Untuk soal nomor 1
No
|
Skor Kelompok Tinggi
|
X - Mt (Xt)
|
Xt2
|
Skor Kelompok Rendah
|
X - Mr (Xr)
|
Xr2
|
1
|
10
|
2,4
|
5,76
|
7
|
2,2
|
4,84
|
2
|
10
|
2,4
|
5,76
|
5
|
0,2
|
0,04
|
3
|
10
|
2,4
|
5,76
|
6
|
1,2
|
1,44
|
4
|
7
|
-0,6
|
0,36
|
6
|
1,2
|
1,44
|
5
|
8
|
0,4
|
0,16
|
7
|
2,2
|
4,84
|
6
|
9
|
1,4
|
1,96
|
7
|
2,2
|
4,84
|
7
|
6
|
-1,6
|
2,56
|
5
|
0,2
|
0,04
|
8
|
4
|
-3,6
|
12,96
|
2
|
-2,8
|
7,84
|
9
|
4
|
-3,6
|
12,96
|
4
|
-0,8
|
0,64
|
10
|
7
|
-0,6
|
0,36
|
4
|
-0,8
|
0,64
|
11
|
9
|
1,4
|
1,96
|
0
|
-4,8
|
23,04
|
∑
|
84
|
0,4
|
50,56
|
53
|
0,2
|
49,64
|
Mt =
= 7,6
Mr =
= 4,8


Ip = 

Ip =
= 2,93

Karena Ip hitung > Ip tabel
maka soal nomor 1 signifikan,
Untuk soal nomor 2
No
|
Skor Kelompok Tinggi
|
X - Mt (Xt)
|
Xt2
|
Skor Kelompok Rendah
|
X - Mr (Xr)
|
Xr2
|
1
|
9
|
1
|
1
|
5
|
0,1
|
0,01
|
2
|
10
|
2
|
4
|
6
|
1,1
|
1,21
|
3
|
9
|
1
|
1
|
6
|
1,1
|
1,21
|
4
|
5
|
-3
|
9
|
5
|
0,1
|
0,01
|
5
|
10
|
2
|
4
|
6
|
1,1
|
1,21
|
6
|
9
|
1
|
1
|
6
|
1,1
|
1,21
|
7
|
5
|
-3
|
9
|
7
|
2,1
|
4,41
|
8
|
7
|
-1
|
1
|
5
|
0,1
|
0,01
|
9
|
8
|
0
|
0
|
5
|
0,1
|
0,01
|
10
|
6
|
-2
|
4
|
3
|
-1,9
|
3,61
|
11
|
10
|
2
|
4
|
0
|
-4,9
|
24,01
|
∑
|
88
|
0
|
38
|
54
|
0,1
|
36,91
|
Mt =
= 8
Mr =
= 4,9


Ip = 

Ip =
= 3,76

Karena Ip hitung > Ip tabel
maka soal nomor 2 signifikan
Untuk soal nomor 3
No
|
Skor Kelompok Tinggi
|
X - Mt (Xt)
|
Xt2
|
Skor Kelompok Rendah
|
X - Mr (Xr)
|
Xr2
|
1
|
1
|
0,1
|
0,01
|
0
|
-0,54
|
0,29
|
2
|
1
|
0,1
|
0,01
|
0
|
-0,54
|
0,29
|
3
|
1
|
0,1
|
0,01
|
0
|
-0,54
|
0,29
|
4
|
1
|
0,1
|
0,01
|
1
|
0,46
|
0,21
|
5
|
1
|
0,1
|
0,01
|
1
|
0,46
|
0,21
|
6
|
1
|
0,1
|
0,01
|
1
|
0,46
|
0,21
|
7
|
1
|
0,1
|
0,01
|
0
|
-0,54
|
0,29
|
8
|
1
|
0,1
|
0,01
|
0
|
-0,54
|
0,29
|
9
|
1
|
0,1
|
0,01
|
1
|
0,46
|
0,21
|
10
|
0
|
-0,9
|
0,81
|
1
|
0,46
|
0,21
|
11
|
1
|
0,1
|
0,01
|
1
|
0,46
|
0,21
|
∑
|
10
|
0,1
|
0,91
|
6
|
0,06
|
2,71
|
Mt =
= 0,9
Mr =
= 0,54


Ip = 

Ip =
= 2,12

Karena Ip hitung > Ip tabel
maka soal nomor 3 signifikan
Untuk soal nomor 4
No
|
Skor Kelompok Tinggi
|
X - Mt (Xt)
|
Xt2
|
Skor Kelompok Rendah
|
X - Mr (Xr)
|
Xr2
|
1
|
6
|
1,3
|
1,69
|
3
|
0,4
|
0,16
|
2
|
6
|
1,3
|
1,69
|
2
|
-0,6
|
0,36
|
3
|
6
|
1,3
|
1,69
|
3
|
0,4
|
0,16
|
4
|
6
|
1,3
|
1,69
|
4
|
1,4
|
1,96
|
5
|
4
|
-0,7
|
0,49
|
2
|
-0,6
|
0,36
|
6
|
4
|
-0,7
|
0,49
|
2
|
-0,6
|
0,36
|
7
|
4
|
-0,7
|
0,49
|
2
|
-0,6
|
0,36
|
8
|
5
|
0,3
|
0,09
|
3
|
0,4
|
0,16
|
9
|
5
|
0,3
|
0,09
|
2
|
-0,6
|
0,36
|
10
|
4
|
-0,7
|
0,49
|
2
|
-0,6
|
0,36
|
11
|
2
|
-2,7
|
7,29
|
4
|
1,4
|
1,96
|
∑
|
52
|
0,3
|
16,19
|
29
|
0,4
|
6,56
|
Mt =
= 4,7
Mr =
= 2,6


Ip = 

Ip =
= 4,62

Karena Ip hitung > Ip tabel
maka soal nomor 4 signifikan
Untuk soal nomor 5
No
|
Skor Kelompok Tinggi
|
X - Mt (Xt)
|
Xt2
|
Skor Kelompok Rendah
|
X - Mr (Xr)
|
Xr2
|
1
|
7
|
-0,9
|
0,81
|
4
|
0,3
|
0,09
|
2
|
6
|
-1,9
|
3,61
|
6
|
2,3
|
5,29
|
3
|
7
|
-0,9
|
0,81
|
4
|
0,3
|
0,09
|
4
|
11
|
3,1
|
9,61
|
3
|
-0,7
|
0,49
|
5
|
6
|
-1,9
|
3,61
|
3
|
-0,7
|
0,49
|
6
|
6
|
-1,9
|
3,61
|
3
|
-0,7
|
0,49
|
7
|
10
|
2,1
|
4,41
|
3
|
-0,7
|
0,49
|
8
|
10
|
2,1
|
4,41
|
4
|
0,3
|
0,09
|
9
|
11
|
3,1
|
9,61
|
3
|
-0,7
|
0,49
|
10
|
10
|
2,1
|
4,41
|
3
|
-0,7
|
0,49
|
11
|
3
|
-4,9
|
24,01
|
5
|
1,3
|
1,69
|
∑
|
87
|
0,1
|
68,91
|
41
|
0,3
|
10,19
|
Mt =
= 7,9
Mr =
= 3,7


Ip = 

Ip =
= 4,95

Karena Ip hitung > Ip tabel
maka soal nomor 5 signifikan
Untuk soal nomor 6
No
|
Skor Kelompok Tinggi
|
X - Mt (Xt)
|
Xt2
|
Skor Kelompok Rendah
|
X - Mr (Xr)
|
Xr2
|
1
|
3
|
0.1
|
0.01
|
1
|
-0.8
|
0.64
|
2
|
3
|
0.1
|
0.01
|
1
|
-0.8
|
0.64
|
3
|
3
|
0.1
|
0.01
|
1
|
-0.8
|
0.64
|
4
|
3
|
0.1
|
0.01
|
2
|
0.2
|
0.04
|
5
|
3
|
0.1
|
0.01
|
3
|
1.2
|
1.44
|
6
|
3
|
0.1
|
0.01
|
3
|
1.2
|
1.44
|
7
|
3
|
0.1
|
0.01
|
0
|
-1.8
|
3.24
|
8
|
3
|
0.1
|
0.01
|
2
|
0.2
|
0.04
|
9
|
2
|
-0.9
|
0.81
|
2
|
0.2
|
0.04
|
10
|
3
|
0.1
|
0.01
|
2
|
0.2
|
0.04
|
11
|
3
|
0.1
|
0.01
|
3
|
1.2
|
1.44
|
∑
|
32
|
0.1
|
0.91
|
20
|
0.2
|
9.64
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar