Rabu, 22 Februari 2012

Menghitung Luas Permukaan Prisma


Tugas IV
Menghitung Luas Permukaan Prisma

A. Pendahuluan
Coba perhatikan gambar berikut !
Gambar tersebut memperlihatkan sepotong kue dan kotak kado. Benda-benda tersebut memiliki bentuk yang sangat unik. Jika digambarkan secara geometris, benda-benda tersebut akan tampak seperti pada gambar berikut ini.
Bangun ruang diatas dinamakan prisma, sehingga dapat diartikan bahwa prisma merupakan bangun ruang yang mempunyai sepasang sisi kongruen dan sejajar serta rusuk-rusuk tegaknya saling sejajar.
Kolam renang adalah salad satu bidang berbentuk prisma. Dengan menghitung luas permukaan kolam renang, maka kita dapat mengetahui berapa banyak ubin yang diperlukan untuk menutup sebuah lantai pada kolam renang.
Sehingga, pada tugas IV ini kita akan mempelajari cara memperoleh rumus  luas permukaan prisma segitiga siku-siku dengan cara menjumlahkan luas permukaan bidang-bidang datar yang membentuk prisma tersebut.

B. Tujuan Media
       Adapun tujuan dari media ini adalah untuk memudahkan pemahaman tentang mencari rumus luas permukaan prisma segitiga siku-siku.

C. Alat dan Bahan
·         Kertas karton warna merah, kuning, biru,  dan hijau
·         Gunting
·         Penggaris
·         Pensil
D. Cara Pembuatan
·         Buatlah sepasang segitiga siku-siku yang kongruen pada kertas karton berwarna merah dan beri nama sisi alasnya dengan “b” dan sisi tegaknya dengan “a”. kemudian guntinglah sepasang segitiga siku-siku tersebut
·         Buatlah sebuah persegi panjang pada kertas karton berwarna kuning dengan syarat lebarnya sama dengan panjang sisi alas segitiga “b” dan panjangnya sama dengan “t”. kemudian guntinglah persegi panjang tersebut
·         Buatlah sebuah persegi panjang pada kertas karton berwarna biru dengan syarat lebarnya sama dengan panjang sisi hipotenusa dari segitiga siku-siku dan panjangnya sama dengan “t”. kemudian guntinglah persegi panjang tersebut
·         Buatlah sebuah persegi panjang pada kertas karton berwarna hijau dengan syarat lebarnya sama dengan tinggi dari segitiga siku-siku “a” dan panjangnya sama dengan t. kemudian guntinglah persegi panjang tersebut
D. Cara Penggunaan
       Susunlah potongan-potongan bangun datar tersebut seperti gambar berikut ini :
 








C
 
F
 
D
 
E
 
B
 
A
 
Prisma diatas dinamakan prisma ABC. DEF
Sehingga luas prisma ABC.DEF               =  Luas ∆ABC + Luas  + Luas                    + Luas  + Luas ∆DEF
                                                                     = 
                                                                     = ab + (bt + ct + at)
Jadi, luas permukaan prisma ABC. DEF    =          ab + (a+b+c) t
Text Box: Luas permukaan prisma tegak = 2 luas alas + (keliling alas x tinggi)Atau

E. Kesimpulan
            Dalam mencari luas permukaan prisma ini anda harus menguasai konsep rumus segitiga dan rumus persegi panjang. Dengan penggunaan konstruksi jaring-jaring prisma segitiga siku-siku ini diharapkan anda akan lebih paham tentang konsep memperoleh rumus luas permukaan prisma segitiga siku-siku.

1 komentar: