Rabu, 22 Februari 2012

TUGAS EVALUASI (SOAL DAN RUBRIK) MATERI : PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT SMA KELAS X SEMESTER I


TUGAS EVALUASI (SOAL DAN RUBRIK)
MATERI : PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT
SMA KELAS X SEMESTER I

SOAL PEMAHAMAN KONSEP
1.         Dengan melengkapkan kuadrat sempurna, tentukanlah akar-akar persamaan dari 2x2 – 3x – 5 = 0
            Jawab :
            2x2 – 3x – 5 = 0                   x2 -  -
                                                        x2 -  = 
                                                        x2 -  
                                                       
                                                        x – +
                                                        x =  +  ↔ x =
Jadi, akar-akar persamaan dari 2x2 – 3x – 5 = 0 adalah x =  atau x = -1
2.         Periksalah, apakah persamaan-persamaan kuadrat berikut memiliki akar real atau tidak. Jika memiliki akar real, tentukan akar-akarnya
            a. x2 + 3x + 4 = 0                    b. 4x2 + 4x – 3 = 0
            Jawab : 
            (a).       x2 + 3x + 4 = 0
                        D = b2 – 4ac = 32  (4) (1) (4) = 9 – 16 = -7 (< 0)
                        Jadi, persamaan kuadrat x2 + 3x + 4 = 0 tidak memiliki akar real
            (b).       4x2 + 4x - 3 = 0
                        D = b2 – 4ac = 42  (4) (4) (-3) = 64 (> 0)
            Jadi, persamaan kuadrat 4x2 + 4x - 3 = 0 memiliki dua buah akar real yang berbeda, yaitu x =

RUBRIK PENILAIAN PEMAHAMAN KONSEP
Level
kategori


1

2


3


4


Jawaban salah, tetapi beberapa alasan dicoba mengemukakan

Jawaban benar, tetapi langkah penyelesaian masalahnya tidak lengkap atau tidak jelas

Jawaban benar dan pemahaman baik. Penjelasannya lebih lengkap dari level 2

Jawaban sempurna, siswa menggunakan pengetahuan dari konsep persamaan kuadrat







SOAL PENALARAN
1.                  Akar-akar persamaan kuadrat x2 + ax – 4 = 0 adalah x1 dan x2.
Jika
Jawab :
                   (x1 – x2)2   =         
                                    =          (x1 + x2)2 – 2x1x2 – 2x1x2
                                    =          (x1 + x2)2 – 4x1x2
                                    =          ) =

                  
                   ↔ (x1 - x2)2           = 8a
                             = 8a
                 ↔ a2 – 8a + 16       = 0
                   ↔ ( a – 4 )2           = 0
                                      a    = 4
                   Jadi, nilai a = 4

2.         Suatu segitiga diketahui tingginya kurang 2 cm dari alasnya. Jika luas daerah segitiga itu adalah 24 cm2,  hitunglah panjang alas dan tingginya.
            Jawab :

            Misalnya, tinggi t cm dan alas a cm, sehingga t = a – 2. Luas segitiga
            L = ½ a.t, model matematikanya adalah :
            t = a – 2          ……. (1)
            ½ a.t = 24       ……. (2)
            Substitusikan pers (1) ke dlm pers (2) sehingga diperoleh :
           
          Untuk a = -6 tidak mungkin karena alas segitiga selalu bernilai positif.
          Untuk a = 8 diperoleh t = 8 – 2 = 6
          Jadi, panjang alas 8 cm dan tingginya 6 cm

RUBRIK PENILAIAN PENALARAN
Level
kategori
        1

2

3


4
Jawaban salah, tetapi beberapa alasan dicoba mengemukakan

Jawaban benar, tetapi penalarannya tidak lengkap atau tidak jelas

Jawaban benar dan penalaran baik. Penjelasannya lebih lengkap dari level 2

Jawaban sempurna, siswa menggunakan pengetahuan dari konsep persamaan kuadrat

SOAL PEMECAHAN MASALAH
1.      Seorang layouter ahli dapat mengetik sebuah naskah dengan rapi 5 jam lebih cepat daripada layouter  pemula. Sebuah naskah dapat mereka ketik dengan rapi selama 3 jam bersama-sama. Berapa jam yang diperlukan oleh layouter pemula jika dia bekerja sendirian untuk mengetik naskah tersebut ?
         Jawab :
         Diketahui :        
·         Banyak naskah yang diketik, misalkan n
·         Waktu yang diperlukan layouter pemula sendirian untuk mengetik naskah, misalkan x
·         Waktu yang diperlukan layouter ahli sendirian untuk mengetik naskah, x - 5
·         Waktu yang diperlukan layouter ahli dan pemula bersamasama mengetik naskah, adalah 3 jam
Ditanyakan :    Berapa jam waktu yang diperlukan oleh layouter pemula untuk mengetik naskah itu sendirian ?
Model matematika dari masalah-masalah yang diketahui adalah :
 laju untuk layouter pemula ( mengetik naskah  per jam )
=  laju untuk layouter ahli ( mengetik naskah  per jam )
= laju keduanya (mengetik naskah   per jam, sehingga :
 +  =
         
            Jadi, lamanya waktu yang diperlukan layouter pemula untuk mengetik naskahsendiri adalah   ≈ 9,4 jam

RUBRIK PENILAIAN PEMECAHAN MASALAH
Keterangan
Kriteria Umum
Nilai
Pemahaman masalah



Perencanaan strategi



Jawaban yang didapat
Tidak memahami
Memahami sebagian
Dapat memahami

Strategi salah
Sebagian strategi benar
Semua strategi benar

Jawaban salah
Sebagian jawaban benar
Jawaban benar
1
3
6

1
3
6

1
3
6

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar