TUGAS
EVALUASI (SOAL DAN RUBRIK)
MATERI
: PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT
SMA
KELAS X SEMESTER I
SOAL
PEMAHAMAN KONSEP
1. Dengan
melengkapkan kuadrat sempurna, tentukanlah akar-akar persamaan dari 2x2
– 3x – 5 = 0
Jawab :
2x2 –
3x – 5 = 0 ↔ x2 -
- 


↔ x2 -
= 


↔ x2 -



↔ 

↔ x –
+ 


↔ x =
+
↔ x = 



Jadi, akar-akar
persamaan dari 2x2 – 3x – 5 = 0 adalah x =
atau x = -1

2. Periksalah,
apakah persamaan-persamaan kuadrat berikut memiliki akar real atau tidak. Jika
memiliki akar real, tentukan akar-akarnya
a.
x2 + 3x + 4 = 0 b.
4x2 + 4x – 3 = 0
Jawab :
(a).
x2 + 3x + 4 = 0
D
= b2 – 4ac = 32 –
(4) (1) (4) = 9 – 16 = -7 (< 0)
Jadi, persamaan kuadrat x2
+ 3x + 4 = 0 tidak memiliki akar real
(b). 4x2 + 4x - 3 = 0
D
= b2 – 4ac = 42 –
(4) (4) (-3) = 64 (> 0)
Jadi,
persamaan kuadrat 4x2 + 4x - 3 = 0 memiliki dua buah akar real yang
berbeda, yaitu x = 

RUBRIK
PENILAIAN PEMAHAMAN KONSEP
Level
|
kategori
|
1
2
3
4
|
Jawaban
salah, tetapi beberapa alasan dicoba mengemukakan
Jawaban
benar, tetapi langkah penyelesaian masalahnya tidak lengkap atau tidak jelas
Jawaban
benar dan pemahaman baik. Penjelasannya lebih lengkap dari level 2
Jawaban
sempurna, siswa menggunakan pengetahuan dari konsep persamaan kuadrat
|
SOAL PENALARAN
1.
Akar-akar persamaan kuadrat x2
+ ax – 4 = 0 adalah x1 dan x2.
Jika 

Jawab
:
(x1 – x2)2
= 

= (x1
+ x2)2 – 2x1x2 – 2x1x2
= (x1 + x2)2
– 4x1x2
=
) = 



↔ (x1 - x2)2
= 8a
↔
= 8a

↔ a2 – 8a + 16 = 0
↔ ( a – 4 )2 = 0
↔ a = 4
Jadi, nilai a = 4
2. Suatu segitiga diketahui tingginya
kurang 2 cm dari alasnya. Jika luas daerah segitiga itu adalah 24 cm2, hitunglah panjang alas dan tingginya.
Jawab :
Misalnya, tinggi
t cm dan alas a cm, sehingga t = a – 2. Luas
segitiga
L = ½ a.t, model matematikanya adalah :
t = a – 2 ……. (1)
½ a.t = 24 ……. (2)
Substitusikan
pers (1) ke dlm pers (2) sehingga diperoleh :





Untuk
a = -6 tidak mungkin karena alas
segitiga selalu bernilai positif.
Untuk a = 8
diperoleh t = 8 – 2 = 6
Jadi, panjang alas 8 cm dan tingginya 6 cm
RUBRIK
PENILAIAN PENALARAN
Level
|
kategori
|
1
2
3
4
|
Jawaban
salah, tetapi beberapa alasan dicoba mengemukakan
Jawaban
benar, tetapi penalarannya tidak lengkap atau tidak jelas
Jawaban
benar dan penalaran baik. Penjelasannya lebih lengkap dari level 2
Jawaban
sempurna, siswa menggunakan pengetahuan dari konsep persamaan kuadrat
|
SOAL PEMECAHAN MASALAH
1. Seorang
layouter ahli dapat mengetik sebuah
naskah dengan rapi 5 jam lebih cepat daripada layouter pemula. Sebuah
naskah dapat mereka ketik dengan rapi selama 3 jam bersama-sama. Berapa jam
yang diperlukan oleh layouter pemula
jika dia bekerja sendirian untuk mengetik naskah tersebut ?
Jawab :
Diketahui :
·
Banyak naskah yang diketik, misalkan n
·
Waktu yang diperlukan layouter pemula sendirian untuk mengetik
naskah, misalkan x
·
Waktu yang diperlukan layouter ahli sendirian untuk mengetik
naskah, x - 5
·
Waktu yang diperlukan layouter ahli dan pemula bersamasama
mengetik naskah, adalah 3 jam
Ditanyakan : Berapa jam waktu yang diperlukan oleh layouter pemula untuk mengetik naskah
itu sendirian ?
Model matematika dari masalah-masalah
yang diketahui adalah :











Jadi,
lamanya waktu yang diperlukan layouter pemula
untuk mengetik naskahsendiri adalah
≈ 9,4 jam

RUBRIK
PENILAIAN PEMECAHAN MASALAH
Keterangan
|
Kriteria
Umum
|
Nilai
|
Pemahaman
masalah
Perencanaan
strategi
Jawaban
yang didapat
|
Tidak
memahami
Memahami
sebagian
Dapat
memahami
Strategi
salah
Sebagian
strategi benar
Semua
strategi benar
Jawaban
salah
Sebagian
jawaban benar
Jawaban
benar
|
1
3
6
1
3
6
1
3
6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar